Home Profile

Sabtu, Desember 13, 2008

Syukurlah Modem HSDPA/3G/GPRS Vodafone derditeksi di Linux Ubuntu Intrepid (8.10)

Akhirnya terjawablah sudah...
Saat saya memilih sebuah produk Modem HSDPA/3G/GPRS untuk koneksi internet IM2 ada sedikit keraguan apakah modem yang saya beli support di Linux Ubuntu 8.10, tetapi setelah saya coba ternyata hasilnya jauh dari perkiraan... Ubuntu 8.10 yang dikatakan memiliki keunggulan di dalam koneksi internet ternyata bukan isapan jempol semata, Modem Vodafone (Huawei E220) via USB yang telah support dengan jaringan HSDPA ternyata dikenali dengan baik oleh Ubuntu 8.10 (intrepid) bahkan tidak perlu instalasi apa-apa langsung plug n play, tetapi hanya cukup melakukan konfigurasi koneksi sesuai dengan kartu GSM yang anda gunakan, kebutulan disini saya menggunakan IM2 (bukan bermaksud promisi tapi hanya kebetulan saja), disini konfigurasinya juga sangat mudah sangat friendly, hanya dengan :
  • Pilih menu System > Preferences > Network Configuration
  • Pada window Network Configuration anda tinggal pilih Tab Mobile Broadband
  • Klik Add
  • Pilih Service Provider Misalkan "Indosat"
  • Beri Nama Providernya misal "im2"
  • Setelah itu masukan Call No, Username, Password Koneksi biasanya disesuaikan dengan provider yang anda gunakan (baca manual dari kartu yang digunakan)
  • Ok
  • Nah.. coba dilihat pada tampilan icon Network Configuration di pojok kanan atas pada panel, tinggal klik kiri dan pilih koneksi yang anda buat tadi, mudah-mudahan semua berjalan normal
Selamat mencoba...

3 komentar:

  1. saya pake telkomsel flash unlimited, juga make modem usb huawei e220 langsung detect jadinya lebih mudah :)

    BalasHapus
  2. Wah oke lah... met berinternet ria...

    BalasHapus
  3. kalo modem ZTE dari indosat 3.5G bisa gak ya? soale aku mau beli itu. aku jg pake ubuntu 8.10

    BalasHapus