Home Profile

Selasa, Desember 09, 2008

Mengembalikan Setting Awal Resolusi Monitor pada Linux Ubuntu 8.10 (Intrepid)

Mari berbagi....

Sedikit cerita pengalaman saya sama linux Ubuntu 8.10 (Intrepid), pertama kali memakai Intrepid rasanya banyak berubahan... terutama di koneksi.. tetapi terdapat sedikit kendala saat saya menggunakan Linux Ubuntu 8.10 untuk presentasi menggunakan viewer, viewer yang saya gunakan belum terditeksi pirantinya sama ubuntu, ya udah ganti lagi pake Windows...

Tapi bukan hanya itu ternyata masalah berlanjut, setelah presentasi selesai, linux kembali saya jalankan, tetapi apa yang terjadi???? resolusi screen yang seharusnya 1280 x 800 lenyap dari muka ubuntu, yang tersedia adalah resolusi :
  • 1024 x 768
  • 800 x 600
Sedangkan resolusi tersebut tidak cocok dengan monitor saya...., tetapi tenang dulu sesuatu masalah pasti ada jalan keluarnya, anda pengen tau bagaimana mengembalikan screen resolution pada Ubuntu 8.10 (Intrepid) ? atau mengembalikan setting awal piranti lain, seperti keyboard, mouse dan sebagainya... Hanya dengan :
  1. Buka Terminal
  2. Ketik sudo dpkg-reconfigure xserver-xorg
  3. Masukan sandi super user anda
  4. Dan lakukan perintah selanjutnya...
Maka yakinlah semua akan berjalan normal...
Selamat mencoba...
Bila sakit berlanjut hubungin ahli linux setempat... atau lem biru komputer anda hehe

3 komentar:

  1. Saya masih bermasalah di ubuntu 8.10 ibex, resolusi monitorku masih ndak sesuai masih 800 x 600, kalau saya rubah settingnya di bagian resolusi monitor tetep bermasalah, itu kenapa ya?, apa vga onboard dari MB Foxconn saya tidak di kenal ?, atau monitor Samsum sincmaster saya tidak mendukung ? kalau di wind$ xp bisa resolusi 1024 x 768 kira kira gimana mas ?

    BalasHapus
  2. itu permasalahanya terjadi saat pertama kali setelah instalasi atau gmn??? klo pertama kali kemungkinan ubuntu tidak suport sma salah satu alat.. vga atao monitor tapi klo terjadi masalah saat selesai otak-atik ubuntu kemungkinan erornya seperti posting saya.... klo itu yang terjadi coba aja dulu cara yang saya post...

    BalasHapus
  3. bagaimana mengembalikannya ya ketika setingan resolusi terlalu tinggi, dan di monitor sudah gak mau tampil lagi.

    sya pake linux ubuntu 10.

    ket : gak bisa lihat tampilan

    BalasHapus