Home Profile

Jumat, Desember 26, 2008

Membangun Aplikasi Smart Phone pada Symbian OS dengan C++

Aplikasi Mobile belakangan ini sangat banyak digemari oleh sebagian pengguna HP yang notabennya menggunakan Smart Phone, beberapa produk Handphone telah beredar dipasaran yang menggandeng Operating System baik yang bersifat komersil maupun open source, adapun beberapa nama operating system pada handphone / smartphone :
  • Palm / PalmOne, biasanya digunakan oleh HP Treo, Tungsten, Zire
  • Pocket PC, dikembangkan oleh Microsoft dari Windows CE
  • Symbian, yang paling sering digunakan oleh Nokia
  • Linux for Mobile, digunakan oleh Motorola
Symbian merupakan Operating System yang sangat populer dikalangan pengguna handphone, karena paling sering digunakan sebagai OS dari produk terkenal Nokia. Dengan kepopuleran Symbian sebagai operating system pada Handphone banyak programmer yang melirik pembangunan software mobile yang di jalankan di atas OS Symbian.

Perlu diketahui disini bahwa Symbian dibangun dari bahasa pemrograman C++, sehingga untuk membangun sebuah aplikasi pada smartphone yang berjalan di atas Symbian sedikit tidaknya kita harus mengerti bahasa pemrograman C++ atau Java. Tetapi tidak cukup hanya itu, untuk membangun / mengembangkan sebuah aplikasi mobile dengan bahasa C++ pada Operating System Symbian, kita harus mengetahui apa saja yang harus disiapkan :
  • IDE yang digunakan :
  1. Carbide.c++ v1.2 untuk SDK s60 v1.0 ke atas, Carbide.c++ v2.0 untuk SDK s60 v.3.0 ke atas (free)
  2. Carbide.vs 2.0.1 untuk SDK s60 v1.0 ke atas, Carbide.vs 2.0.2 untuk SDK s60 v3.0 ke atas dengan Visual Studio.Net 2003 atau 2005
  • SDK yang digunakan tergantung dari jenis handphone, seperti Nokia kebanyakan menggunakan SDK S60, dan versi SDK-nya disesuakan dengan seri handphone-nya dan jenis IDE yang digunakan, seperti S60 v2.0 untuk nokia 6600, S60 v2.1 untuk nokia 7610, untuk info lebih lengkap silakan klik disini
  • ActiveState ActivePerl-5.6.1.635
  • j2re-1_4_2_14-windows-i586-p
Install semua tools tersebut ke komputer anda (usahakan jangan merubah path instalasi agar tidak terjadi kesalahan saat digunakan), disini saya telah mencoba IDE Carbide.c++ v1.2 dan Carbide.vs v2.0.1 untuk Visual Studio.net 2003 karena handphone yang saya gunakan adalah nokia 6600 dan 7610 dengan SDK masing-masing S60 v2.0 CW (untuk carbide.c++) dan S60 v2.1 NET (untuk carbide.vs). setelah dicoba ada terdapat beberapa masalah, yang mungkin dapat menjadi jawaban bagi anda yang menemui permasalahan saat mencoba memulai pengembangan aplikasi mobile :
  • Sebisa mungkin jangan mengubah path instalasi.
  • Gunakan SDK yang sesuai dengan IDE dan HP yang digunakan.
  • Lihat user windows anda, apakah namanya berisi karakter aneh, seperti & % ^ @ # * atau yang lain, jika ya, saya sarankan agar membuat satu user baru lagi dengan karakter standar a..z, A..Z, karena anda pasti menemukan error saat build program yang anda buat (ini pengalaman saya, seharian bolak-balik, putar-puter, bongkar-pasang tidak ketemu penyebab kesalahnya, code udah benar, IDE, dan SDK sudah benar, ternyata kesalahan ada pada User Windows)
Segitu dulu ya... nanti saya lanjutkan ke pembahasan berikutnya... bagaimana membuat aplikasi sederhana di handphone anda, tetapi siapkan dulu seperti apa yang saya tulis di atas... jangan sampai salah ya!!! ingat commentnya, biar semangat juga nulisnya...!!!

Lanjutkan ke contoh programming...

3 komentar:

  1. Wow.... keren juga bagi2 ilmunya.... Keep the good work.. I appreciate it :)

    BalasHapus
  2. Thanks... nanti aku tambah lagi tentang pembahasan Carbidenya... sabar ya... tak posting, sama2 belajar, klo ada yg mau berbagi juga... silakan tulis link blognya disini ntar ku add... hehe

    BalasHapus
  3. pengen belajar programming symbian...thanks infonya
    untuk samsung symbian saya bisa dapat info dari mana

    BalasHapus