Home Profile

Senin, Januari 19, 2009

Hanya Gara-Gara si Tembok Api (baca : Firewall)

Cerita agak serius tapi santai....
Dua hari yang lalu saya ke RSD Bantul buat konfigurasi Sistem Informasi Manajemen Koperasi yang saya buat, maunya dipasanng di client dengan windows jadul 98, sempet ada keraguan sih apakah aplikasi yang saya buat jalan di windows 98 masalahnya dari jaman dahulu kala tak coba di windows xp, n masalahnya saya menggunakan banyak komponen delphi yang aneh-aneh (baca : tidak standar...), kasusnya seperti ini :

server : Windows XP, MySQL 5, SIM Koperasi
client : Windows 98, SIM Koperasi
jarak server ke client 100 m (ampun jauh banget....)

Nah... Bla Bla BLa.... akhirnya muncul hal yang paling tidak saya harapkan, "koneksi gagal, silakan cek kembali...", twing... twing... twing mulailah di atas kepala ada anak burung beserta bintang-bintang kecil.....

saya cek beberapa kemungkinan :
  • User Mysql apakah sudah di Grand All ???? jawabnya : sudah om, berarti bisa direquest dari client yang terhubung
  • Apakah koneksi jaringan, share data , di ping sukses??? jawabnya : sukses juga om....
  • Apakah port yang digunakan sebagai jalur MySQL dipake sistem lain??? jawabnya : ga om.. free lo....
  • Apakah nama host, user, dan password MySQL udah bener ??? jawabnya : udah bener om...
  • apakah ini apakah itu..... tambah pusing....... nambah satu lagi anak burung dan bintang kecil
Akhirnya saya menyerah untuk hari itu masalahnya, jaraknya udah 100 m, saya harus mondar mandir, itu rumah sakit dan server berada di ruang ICU client di toko koperasi, n harus melewati pintu keamanan... lapor sini lapor sana

Akhirnya tadi saya kembali ke RSD membawa beberapa alat perang....
  • Kabel UTP 10 m, dan 3 m
  • Informasi dari om google
nah setelah saya coba, saya hubungkan dengan laptop yang saya bawa, ternyata hasilnya sama... koneksi gagal..... mikir lagi...... mikir lagi....

ternyata saya dapat ilham dari mas ilham (becanda), dapat ide dari tembok / pintu gerbang keamanan menuju tempat kunjungan..... saya lihat di windows XP ada tembok api (baca : Firewall) nah saya coba matikan.... ternyata dang ding dong....... terkoneksi / koneksi sukses....
dan saya coba di client windows 98.... sukses tanpa masalah.... tanpa merubah apapun.....

sekian dan trima kasih... komennya ya!!!!!


4 komentar:

  1. yg jarak server..
    itu ngaruh dmn??
    capek bolak balik y??
    -_-!

    BalasHapus
  2. wakakaka....pasti ngeselin bgt kalo ternyata cuma gara2 firewall...kekekekek

    BalasHapus
  3. jidadwall lu matiin dul,
    eh kamu selasa kosong ndak?
    ada proyek nih.....
    ketemuan yuk..

    BalasHapus
  4. Kosong wik... proyek boleh juga.... jam brapa dmn???

    BalasHapus